Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan 1920 1080 biostrathadmin

Anak Susah Makan? Ayo Moms, Simak Cara Mengatasinya!

Selama enam bulan pertama kehidupannya, bayi mendapatkan nutrisi langsung dari Ibu melalui ASI (air susu Ibu). Namun, setelah masa tersebut, bayi harus mulai diperkenalkan dengan makanan padat karena kebutuhan akan nutrisi semakin banyak dan kompleks.

Menghadapi anak yang susah makan terkadang membuat para orang tua kepusingan. Namun jangan khawatir, karena disini kami akan membahas tentang 7 cara mengatasi anak susah makan yang mudah Anda terapkan di rumah.

Baca juga : Penyebab Anak Susah Makan

Pentingnya Mengatasi Anak Susah Makan

Selama enam bulan pertama, para mommies harus memberikan nutrisi secara ekslusif melalui ASI. Setelah masa ini selesai, mommies pun harus mulai memperkenalkan makanan yang semakin padat karena semakin banyak pula nutrisi yang dibutuhkan agar si kecil dapat berkembang dengan optimal.

Namun, banyak anak yang mengalami masalah susah makan selama masa perkenalan tersebut sehingga banyak nutrisi yang terlewatkan loh moms! Pasti mommies juga sudah tau dong, kalau nutrisi yang dibutuhkan itu tidak terpenuhi pasti perkembangan mereka pun terhambat juga.

Nah, kali ini Bio-Strath mau bagi-bagi tips untuk mengatasi anak susah makan. Yuk moms disimak!

7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  1. Jangan panik dulu moms!

Rasa panik dan khawatir yang berlebihan akan menciptakan suasana yang tidak nyaman untuk si kecil makan. Oleh karena itu, jangan panik yah moms!

  1. Carilah Posisi yang Nyaman

Posisi juga mempengaruhi mood anak untuk makan dengan lahap. Tempatkan bayi dalam posisi duduk yang nyaman dengan kepala yang tegak. Sebaliknya, hindari memberi makan bayi dalam kondisi berbaring.

Mengganti posisi ketika makan bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan yang ampuh lho!

Baca juga : Pentingnya Peran Ayah Dalam Membesarkan Anak

  1.  Jangan dipaksa dan belajar sabar Moms!

Kalau si kecil menolak diberi makan, siapa tahu ternyata perutnya masih kenyang. Oleh karena itu, cobalah di lain waktu seperti setengah jam sampai satu jam setelah si kecil menolak diberi makan.

Dimasa inilah mommies juga harus belajar sabar dan tidak memaksa si kecil untuk makan.

Baca juga : Pentingnya Memberikan Vitamin Anak Pada Masa Golden Age

  1. Perbanyak variasi makanan mereka

Rasa bosan merupakan salah satu penyebab utama anak susah makan. Selain itu, nutrisi yang dibutukan tubuh Anak saat berkembang datang dari berbagai macam makanan yang berbeda.

Yuk moms, berkreasilah dalam menyediakan variasi makanan agar mereka tidak bosan dan kebutuhan nutrisinya pun tercukupi.

  1. Perhatikan porsi yang Anda berikan

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi mereka setiap harinya, tentu ada porsi harian yang harus Anda berikan kepada mereka. Selain jumlah (kuantitas) makanan, kualitas makanan pun tidak kalah pentingnya.

Oleh karena itu, bagilah target asupan harian mereka itu ke dalam beberapa porsi kecil sehingga kebutuhan mereka tetap terpenuhi.

Baca juga : Rahasia Bayi Sehat dan Cerdas

  1. Perhatikan Tekstur Makanan yang Anda Berikan

Disaat awal pemberian MPASI, tekstur makananan yang encer atau berbentuk puree adalah yang paling tepat. Secara berkala, Anda dapat memberikan tekstur yang semakin padat.

Jika si kecil tiba-tiba menolak makan, bisa jadi makanan yang diberikan terlalu padat dan mereka belum terbiasa dengan tekstur tersebut.

  1. Kurangi distraksi saat makan

Buatlah suasana yang senyaman mungkin saat makan. Siapa sangka, ternyata menonton televisi saat makan keluarga dapat menciptakan distraksi pada anak loh moms!

Selain itu, sangat penting untuk orang tua dan anak untuk bercakap-cakap saat makan karena inilah momen untuk bonding yang terbaik!

Nah, demikianlah 7 cara mengatasi anak susah makan dari kami. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan mengatasi masalah pencernaan anak, jangan lupa untuk memberikan Bio Strath setiap harinya; karena Bio Strath mengandung 61 nutrisi, vitamin, dan mineral. Selain itu, Bio Strath juga dapat dikonsumsi si kecil sejak usia 6 bulan.

Baca juga : Cara Mendidik dan Membesarkan Anak

Pemesanan dapat dilakukan melalui

Bio-Strath-dapat-dibeli-di-Shopee
Bio-Strath-dapat-dibeli-di-Blibli
Bio-Strath-dapat-dibeli-di-Tokopedia
Bio-Strath-dapat-dibeli-di-Bukalapak
Order-Bio-Strath-Via-Whatsapp