fbpx

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil 1920 1280 biostrathadmin

Olahraga Yang Aman Dan Bermanfaat Untuk Dilakukan Saat Sedang Hamil

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil – Menghabiskan terlalu banyak waktu duduk tanpa melakukan aktifitas dapat membahayakan kesehatan Moms dan kesehatan bayi. Ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang terlalu banyak, kehilangan kebugaran, peningkatan risiko terkena diabetes gestasional atau preeklampsia.

Berolahraga selama kehamilan akan memberi Moms lebih banyak energi, membantu tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan suasana hati. Selain bermanfaat secara fisik olahraga juga bermanfaat untuk mental dan juga dapat memberi bayi yang baru lahir awal yang lebih sehat.

Setidaknya 150 menit seminggu aktivitas fisik yang sedang, baik selama dan setelah kehamilan. Slot latihan tidak perlu panjang, dapat dilakukan lima kali seminggu selama 30 menit atau 10 kali seminggu selama 15 menit.

Berikut ini rekomendasi olahraga yang membawa sedikit risiko cedera, bermanfaat bagi seluruh tubuh, dan biasanya aman dilakukan sampai saat melahirkan.

Pilihan Olahraga Yang Bisa Moms Lakukan Saat Hamil, Beserta Manfaat Dan Tips Aman Melakukannya

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Jalan cepat

Jika tingkat latihan yang Moms lakukan ketika sebelum hamil  sedikit, berjalan-jalan cepat di sekitar lingkungan adalah cara yang baik untuk memulai olahraga.

Manfaat Jalan Cepat:

  • Memberikan latihan kardiovaskular dengan dampak yang relatif kecil pada lutut dan pergelangan kaki.
  • Dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama kehamilan.
  • Teman dan anggota keluarga lainnya dapat bergabung untuk menemani.

Tips Aman Saat Jalan Cepat:

Tetap aman dengan memilih permukaan jalan yang halus, memakai alas kaki yang mendukung untuk mencegah jatuh, dan menghindari lubang, batu, dan rintangan lainnya.

Baca Juga: Daya Tahan Tubuh Lemah : Gejala, Penyebab, dan Penyakit Yang Timbul

Berenang

Berenang, berjalan di air, dan aerobik air memungkinkan gerakan tanpa memberi tekanan pada persendian. Daya apung juga turut memberi sedikit keringanan dari berat badan ekstra saat kehamilan.

Penting untuk memilih gerakan yang terasa nyaman dan tidak membuat tegang atau melukai otot leher, bahu, atau punggung. Gaya dada mungkin merupakan pilihan yang baik untuk ini.

Manfaat Berenang:

  • Meredakan mual
  • Membantu membuat Anda tetap sejuk saat berolahraga dan mencegah kepanasan.
  • Daya apung menghilangkan tekanan dari benjolan bayi Anda dan punggung bawah, memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan.
  • Meningkatkan sirkulasi darah.
  • Memperkuat otot inti perut.
  • Meredakan sakit punggung.
  • Dapat meningkatkan kesehatan dan fleksibilitas kardiovaskular.
  • Dapat menyebabkan kehamilan dan persalinan yang lebih mudah dan lancar.

Tips Aman Saat Berenang:

  • Gunakan railing untuk keseimbangan saat memasuki air agar tidak tergelincir.
  • Menahan diri dari diving atau melompat, yang dapat berdampak pada perut.
  • Hindari kolam hangat, ruang uap, bak mandi air panas, dan sauna untuk meminimalkan risiko kepanasan.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 8 Makanan Ini!

Bersepeda Stasioner

Bersepeda dengan sepeda stasioner, juga aman untuk sebagian besar wanita selama kehamilan, termasuk mereka yang baru pertama kali berolahraga.

Manfaat Bersepeda Stasioner:

  • Bersepeda membantu meningkatkan detak jantung sambil meminimalkan stres pada persendian dan panggul.
  • Sepeda membantu menopang berat badan.
  • Karena sepeda tidak bergerak, risiko jatuh rendah.
  • Kemudian dalam kehamilan, stang yang lebih tinggi mungkin lebih nyaman.

Tips Aman Saat Bersepeda Stasioner:

  • Tetap terhidrasi dengan baik
  • Menghindari kecepatan yang membuat kelelahan
  • Menghindari terlalu panas, karena ini dapat mengganggu sirkulasi

Yoga

Kelas yoga prenatal dapat membantu Moms menjaga sendi agar tetap lentur dan mempertahankan fleksibilitas. Yoga juga dapat membantu mengatasi rasa sakit dan stres.

Manfaat yoga:

  • Memperkuat Otot
  • Merangsang Sirkulasi Darah
  • Membantu Menjaga Tekanan Darah Yang Sehat
  • Meningkatkan Fleksibilitas
  • Meningkatkan Relaksasi
  • Teknik Pengajaran Untuk Membantu Wanita Tetap Tenang Selama Persalinan Dan Melahirkan

Tips Aman Saat Yoga:

  • Pilih tempat dengan aliran udara yang baik.
  • Hindari berbaring tengkurap atau dada setelah trimester pertama. .
  • Berhati-hatilah selama peregangan apa pun.
  • Ambil posisi yang lebih lebar dengan lipatan ke depan dalam bentuk apa pun.

Aerobik Low impact

Ini merupakan jenis senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan aliran gerakan ringan. Dalam latihan aerobik yang ringan, pastikan setidaknya satu kaki tetap di tanah setiap saat.

Beberapa kelas dirancang khusus untuk ibu hamil. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk bertemu orang lain dan berlatih dengan instruktur yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan khusus ibu hamil.

Manfaat Aerobik Low impact

  • Menguatkan jantung dan paru-paru
  • Membantu menjaga tonus dan keseimbangan otot
  • Membatasi tekanan pada sendi
  • Membantu tidur lebih nyenyak,

Tips Aman Saat Aerobik Low Impact :

  • Konsultasikan dengan instruktur gym atau ahli fisiologi olahraga atau fisioterapis untuk instruksi tentang cara berolahraga dengan aman.
  • Hindari Latihan yang berpotensi berbahaya termasuk memantul sambil meregangkan, berdiri dengan jari kaki, jongkok penuh, sit-up berkaki lurus, dan mengangkat kedua kaki.
  • Kenakan alat pelindung yang sesuai dan pastikan peralatan olahraga Anda (termasuk sepatu) terpelihara dengan baik.
  • Hentikan olahraga segera jika terluka dan dapatkan bantuan medis sebelum memulai olahraga lagi.

Meskipun saat sedang hamil Moms merasa cepat lelah, akan tetapi jangan biarkan terus berdiam diri tanpa melakukan aktifitas fisik sama sekali, karena ini akan berdampak pada bayi yang dalam kandungan.

Pilihlah olahraga yang ringan untuk dilakukan seperti rekomendasi yang telah dijabarkan di atas. Barengi dengan asupan makanan yang terbaik dan juga minum Bio-Strath setiap hari, yang bermanfaat untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah saat hamil.