fbpx

4 Jenis Tipe Parenting dan Pengaruhnya Pada Si Kecil

4 Jenis Tipe Parenting dan Pengaruhnya Pada Si Kecil

4 Jenis Tipe Parenting dan Pengaruhnya Pada Si Kecil 1280 853 biostrathadmin

4 Jenis Tipe Parenting dan Pengaruhnya Pada Si Kecil, Kira-Kira Tipe Parenting Mana Yang Cocok Untuk Moms Terapkan?

Parenting salah satu faktor penting dalam membentuk karakter Si Kecil, maka dari itu penting untuk Moms memahami tipe-tipe parenting, dan pengaruhnya terhadap Si Kecil.

Tipe parenting Moms dapat memengaruhi segalanya, mulai dari kondisi fisik Si Kecil hingga bagaimana perasaan tentang dirinya sendiri. 

Penting untuk memastikan bahwa tipe parenting Moms mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, karena cara Moms berinteraksi dengan Si Kecil dan bagaimana mendisiplinkannya akan memengaruhinya hingga kelak dia dewasa nanti. 

Berdasarkan penelitian ada empat tipe parenting yang biasa diterapkan orang tua kepada anaknya:

Setiap tipe mengambil pendekatan yang berbeda untuk membesarkan anak-anak, dan dapat diidentifikasi dengan sejumlah karakteristik yang berbeda.

4 Jenis Tipe Parenting dan Pengaruhnya pada Si Kecil

Tipe Otoriter

Orang tua yang memilih tipe ini percaya bahwa anak-anak harus mendengar dan tidak didengar. Ketika menerapkan aturan, orang tua tipe ini percaya itu adalah yang terbaik,  tanpa harus mempertimbangkan perasaan anak. Orang tua yang otoriter percaya bahwa anak-anak harus mengikuti aturan tanpa kecuali.

Orang tua otoriter terkenal karena mengatakan, “Karena saya berkata begitu,” ketika seorang anak mempertanyakan alasan di balik sebuah aturan. Mereka tidak tertarik untuk bernegosiasi dan fokus mereka adalah pada kepatuhan.

Orang tua yang otoriter mungkin berorientasi pada hukuman dibanding mendidik untuk disiplin. Jadi, alih-alih mengajari seorang anak bagaimana membuat pilihan yang lebih baik, mereka membuat anak-anak merasa menyesal atas kesalahan mereka.

Anak-anak yang tumbuh dengan orang tua otoriter yang ketat cenderung sering mengikuti aturan. Tapi, kepatuhan mereka ada harganya. Mereka juga bisa menjadi bermusuhan atau agresif, terutama ketika mereka telah beranjak dewasa nanti.

Daripada memikirkan bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik di masa depan, mereka sering berfokus pada kemarahan yang mereka rasakan terhadap orang tua mereka. Karena orang tua yang otoriter seringkali tegas, anak-anak mereka mungkin tumbuh menjadi pembohong yang baik dalam upaya menghindari hukuman.

Tipe Berwibawa

Tipe parenting ini cenderung menciptakan lingkungan yang positif dalam pola asuh. Orang tua akan memberikan aturan yang mereka percayai, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mendengarkan apa yang diinginkan anak-anak.

Cara mendisiplinkan orang tua jenis ini tidak selalu tentang memberi hukuman tetapi mereka lebih memilih memberikan hadiah dan memuji ketika anak-anak berbuat hal yang benar. 

Tipe parenting jenis ini biasanya akan membuat anak-anak memiliki jiwa tanggung jawab, mereka pun tidak takut untuk mengemukakan pendapat, mereka biasanya cenderung bahagia dan sukses ketika dewasa nanti. 

Tipe Permisif

Orang tua yang permisif bersikap lunak. Mereka sering hanya turun tangan ketika ada masalah serius.

Mereka cukup pemaaf dan mereka mengadopsi sikap “anak-anak akan tetap anak-anak.” Ketika mereka menerapkan aturan, mereka mungkin tidak benar-benar menjalankannya. 

Mereka mungkin akan melunak jika anaknya memohon, atau mereka dapat mengizinkan anaknya untuk keluar dari waktu istirahat lebih awal jika dia berjanji untuk menjadi baik.

Orang tua yang permisif biasanya lebih berperan sebagai teman daripada sebagai orang tua. Mereka sering mendorong anak-anak mereka untuk berbicara dengan mereka tentang masalah mereka, tetapi mereka biasanya tidak berusaha keras untuk mencegah pilihan yang buruk atau perilaku yang buruk.

Anak-anak yang tumbuh dengan orang tua yang permisif cenderung kesulitan secara akademis.

Mereka mungkin menunjukkan lebih banyak masalah perilaku karena mereka tidak menghargai otoritas dan aturan. Mereka juga berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan, seperti obesitas, karena orang tua yang permisif seringkali tidak membatasi asupan junk food pada anaknya.

Tipe Cuek

Orang tua yang cuek cenderung memiliki sedikit pengetahuan tentang apa yang dilakukan anak-anak mereka. Aturannya cenderung sedikit. Anak-anak mungkin tidak menerima banyak bimbingan, pengasuhan, dan perhatian orang tua.

Orang tua yang cuek mengharapkan anak-anak untuk membesarkan diri mereka sendiri. Mereka tidak mencurahkan banyak waktu atau energi untuk memenuhi kebutuhan dasar anak-anak. 

Anak-anak dengan orang tua yang cuek cenderung bergumul dengan masalah harga diri. Mereka cenderung berprestasi buruk di sekolah. Mereka juga sering menunjukkan masalah perilaku dan peringkat rendah dalam kebahagiaan.

Baca Juga: Cara Membentuk Karakter Positif Pada Si Kecil

Kesimpulan

Terkadang orang tua tidak cocok dengan satu kategori saja, jadi jangan putus asa jika ada saat atau area di mana Moms harus cenderung permisif dan di saat lain lebih berwibawa. Sulit untuk tetap konsisten ketika menyeimbangkan hidup dan mengasuh anak. Jangan terlibat dalam rasa bersalah atau malu orang tua. Itu tidak membantu.

Yang terpenting Moms terus berusaha untuk menjadi orang tua yang terbaik untuk Si Kecil, dan salah satu cara untuk menjadi orang tua terbaik adalah dengan memperhatikan asupan makanan terbaik untuk Si Kecil agar dapat tumbuh kembang dengan baik. Dan Bio-Strath adalah salah satu suplemen terbaik untuk dikonsumsi oleh Si Kecil.